Kembali, Tim Futsal UMY Raih Juara Futsal

Tim Futsal UMYSelasa (23/12) di lapangan futsal Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (STIM YKPN) tim futsal mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta meraih juara dua dalam “Liga Futsal Mahasiswa Jogja 2008″ saat pinalty melawan Universitas Gadjah Mada dengan score 1-4. Tri Prasetya (manager tim futsal mahasiswa UMY) mengatakan, liga futsal mahasiswa 2008 ini merupakan perlombaan futsal yang sifatnya resmi dari Pengurus Daerah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Pengda PSSI) Yogyakarta, sekaligus wadah utama perwujudan aspirasi dari pecinta futsal khususnya dari kalangan mahasiswa (akademisi).

Kompetisi ini diikuti 10 perguruan tinggi negeri dan swasta di Yogyakarta ini. Tri mengatakan, tidak semua perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta untuk dapat mengikuti liga ini. Hanya tim futsal dari perguruan tinggi yang sengaja diundang oleh Pengda PSSI dan selalu mengikutkan turnamen futsal di Indonesia, ujarnya.

Mahasiswa Hubungan Internasional UMY ini mengatakan, perbedaan liga dengan turnamen dalam futsal adalah waktu pertandingan, lapangan, dan peraturan waktu yang digunakan. Dalam turnamen futsal, biasanya waktu pertandingannya relatif singkat, biasanya maksimal dua minggu, berbeda dengan liga, Tri mengatakan, biasanya satu hingga dua bulan. Liga ini dimulai dari 11 November-23 Desember. Tri menambahkan, saat liga futsal mahasiswa ini berlangsung, tim UMY tidak setiap hari bertanding, satu pekan bermain dua kali selama dua bulan hingga final. Medan lapangan yang digunakan bukanlah rumput, tetapi sejenis keramik yang biasa disebut “parkit”, tambahnya.

Tim futsal UMY yang diperkuat oleh salah satu pencetak gol dalam Pekan Olahraga Mahasiswa se-ASEAN yang bergabung dalam anggota tim futsal nasional Indonesia yaitu Afif Tamimi. Tri menegaskan, “untuk peraturan waktu 20 menit pertandingan, dalam liga ini sangatlah konsisten, waktu sangatlah berarti, berbeda dengan turnamen futsal kebanyakan”.

Dengan maraknya turnamen, dan lapangan futsal di Yogyakarta. Terakhir, Tri Prasetya yang mewakili 12 tim futsal UMY mengatakan, seharusnya Pengda PSSI Yogyakarta lebih memperhatikan aspirasi dari pecinta futsal khususnya dari kalangan mahasiswa (akademisi). Kurangnya perhatian PSSI dalam olahraga yang menggunakan lapangan kecil ini adalah belum memasukan futsal di kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Indonesia. PSSI lebih mengutamakan sepakbola konvensional yang selalu kalah di setiap pertandingan, tambah Tri.

1 Comment:

  1. Akira Mizuhashi said...
    isinya koq cuma satu klub aj?klub yang laen mana?mending ganti nama blognya sama kyk nama klubnya

Post a Comment